Dipublikasikan Pada 10 Mei 2022

Tips Tetap Sehat dan Bugar Walaupun Sering Lembur

Terkadang pekerjaan di kantor yang kita kerjakaan tidak selesai tepat waktu atau bisa dibilang overtime dan bisa juga di bilang lembur. Lembur memang identik dengan jam kerja yang melelahkan dan gaya hidup tidak sehat. Tetapi memang situasi lah yang memaksa kita untuk lembur. Nah bosmin mau memberikan beberapa tips agar tetap sehat meski sering lembur 

1. Jangan telat makan

Yang paling penting jangan lupa untuk makan, memang ketika sudah lelah dan terlalu fokus menyelesaikan tugas, kita suka malas dan bahkan tidak ada keinginan untuk makan. Padahal, tubuh perlu mendapat asupan makanan untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan saat lembur. 

2. Atur Porsi Makan

Selain jangan telat makan, kita juga harus bisa mengatur porsi makan kita. Makan terlalu berlebihan pun tidak baik.  Makanlah secukupnya saat jam makan. Dan makanlah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Makanan yang sehat dan bergizi sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan kita, terutama ketika bekerja lembur. 

3. Hindari kopi

Ketika mata sudah merah, mengantuk dan pegal punggung itu adalah beberapa bentuk peringatan dari tubuh agar kita segera beristirahat. Tapi terkadang orang salah mengartikan, mereka menganggap hal itu bisa di selesaikan dengan cara mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu sebagai stimulan untuk mengurangi rasa Lelah. 

Salah satu yang paling banyak jadi kesukaan orang-orang lembur adalah kafein yang ada dalam kopi. Walaupun dibilang bisa sangat membantu perlu di ingat mengkonsumsi lebih dari satu cangkir kopi dalam satu malam dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi dan insomnia.

4. Banyak minum air putih

Dari pada meminum kopi lebih bagus dan sehat meminum air putih. Minum air putih tujuannya untuk mencegah dehidrasi sehingga tetap fokus dan tidak  lelah selama bekerja di jam lembur.

5. Olahraga Sebentar di saat lembur

Ketika lembur tentu saja anda akan duduk selama berjam-jam di depan komputer, dan banyak dari anda yang duduk saat mengetik yang cenderung membungkuk atau kursi kantor yang tidak mendukung postur tubuh. Dan membuat pegal punggung dan otot. Pilihan termudah adalah push-up. Lakukan push-up sebanyak 3 set jeda waktu 30 detik. Olahraga ringan ini tidak akan menyebabkan tubuh banyak berkeringat, namun cukup membuat tubuh terjaga.

 

Nah itu adalah 5 tips badan agar tetap sehat walaupun kerja overtime. Semoga bermanfaat ya sobatcari!

Logo CariBoss

CariBoss merupakan aplikasi job finder dengan sistem inovative pertama di Indonesia. Aplikasi ini mempermudah pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan dengan fitur chat dengan bossnya.

CariBoss dapat menghubungkan pencari kerja dengan recruiter secara langsung hanya dengan melalui aplikasi. Cari Kerja? Cari Bossnya Aja!.