Dipublikasikan Pada 03 November 2021

Tips Tentang Manajemen Keuangan Freelancer

Seorang freelancer memiliki tingkat fleksibilitas dalam menyelesaikan pekerjaaan dan juga merasakan kenyamanan karena mendapatkan kebebasan dalam menentukan waktu dan tempat ia bekerja.

Namun dibalik itu semua, bagi para pekerja freelance harus bisa menentukan case flow atau arus keuangan. Nah SobatCari , ini harus dicermati betul, dan risiko terbelenggu oleh utang juga ada di depan mata. Seorang pekerja lepas atau freelancer tak lagi mendapat keuntungan ataupun laba dari perusahaan karena ia bekerja untuk dirinya sendiri. Untuk itu seorang freelancer harus siap menghadapi jumlah pendapatan yang tidak dapat diprediksi.

 

Di Bawah ini Adalah Beberapa Tips Tentang Manajemen Keuangan Freelancer:

1. Lacak Sumber Penghasilan

Banyak freelancer tidak tahu berapa jumlah uang yang diperoleh. Tak sedikit yang mengakui bahwa pendapatan setiap bulannya tidak dapat diprediksi – kadang banyak, kadang tidak ada sama sekali. Karenanya, dengan mengetahui dari mana saja sumber pendatapan maka akan dapat membantu seorang freelancer mengelola keuangan.

Dalam menerapkan manajemen keuangan freelancer, pengelolaan keuangan menjadi hal yang tak bisa diabaikan lagi.

 

2. Dana Pensiun

Sila anggarkan penghasilan dari pekerjaan freelance guna dialokasikan pada pos dana pensiun. Hal ini bisa jadi tampak opsional, tapi sebenarnya ini adalah hal yang sangat penting. Ambil sekitar 10 hingga 20% dari penghasilan untuk disiapkan sebagai dana pensiun.

 

3. Akun Berbeda

Setiap freelancer membutuhkan setidaknya satu rekening tabungan. Namun baik pula apabila memiliki lebih dari satu rekening. Akun-akun dengan nomor rekening berbeda ini bisa diltujukan dengan beberapa hal yang berbeda, misalnya akun rekening pribadi, akun rekening ‘kantor’, dan akun rekening dana pensiun. Milikilah nomor rekening yang berbeda untuk menjaga finansial agar selalu terorganisir. 

 

Manajemen keuangan tidak pernah menjadi pekerjaan favorit bagi siapapun. Bahkan untuk seorang pekerja kantoran yang mendapat gaji tetap sekalipun. Mengerjakan rencana pengelolaan keuangan membutuhkan waktu lebih dan keberanian mempersiapkan hal yang tidak terduga. Tapi satu hal yang pasti, semakin cepat dimulai, tentu akan semakin baik kondisi finansial di masa depan

 

by:AKUN.biz

Logo CariBoss CariBoss

CariBoss merupakan aplikasi job finder dengan sistem inovative pertama di Indonesia. Aplikasi ini mempermudah pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan dengan fitur chat dengan bossnya.

CariBoss dapat menghubungkan pencari kerja dengan recruiter secara langsung hanya dengan melalui aplikasi. Cari Kerja? Cari Bossnya Aja!.

Alamat Kantor: CoHive 101 Unit 5-D, Jl. Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Jakarta 12950, ID
Nomor Telpon: (+62) 812-2899-9664