Dipublikasikan Pada 06 Desember 2022

Kaum Muda Bagaimana Memilih Karir, sharing yuk!

Apakah kamu sekarang sedang berada dalam keadaan ketika kamu berangkat kerja rasanya lesu dan lemas tidak ada semangat sama sekali? dan di hatimu sedang menghitung “Count Down” kapan pulang kerja yah? Dan ketika waktu pulang kerja sudah tiba langsung semangat lagi untuk menyambut kehidupan pribadi, jika kamu seperti ini, dengan arti kamu sedang bekerja di tempat atau pekerjaan yang kamu tidak sukai sama sekali.

Dapat dipahami bahwa banyak orang tidak puas dengan pekerjaannya saat ini dan sebagian orang beranggapan bahwa tidak masalah kerja di tempat yang tidak mereka sukai karena mereka harus kerja untuk hidup, makan, dan menafkahi keluarga. Untuk saat ini Orang-orang sangat sulit membedakan pekerjaan dan urusan pribadi. Coba Anda hitung, kita hanya memiliki waktu 24 jam sehari, 7-8 jam untuk istirahat, 2-3 jam untuk makan & beribadah , 1-2 jam untuk perjalanan pulang pergi perusahaan dan tempat tinggal (sebagian orang mungkin memakan waktu lebih lama), dan Anda masih harus menyisihkan waktu untuk menangani beberapa pekerjaan rumah, membeli beberapa kebutuhan hidup, mengobrol dengan teman dan kekasih atau melakukan beberapa aktivitas emosional, jika kamu mengurangi jam-jam itu, bukankah 8 jam kerja sehari terasa sangat berharga? Nyatanya, pekerjaan menempati proporsi yang cukup besar dalam hidup kita. Dan jika bukan pekerjaan yang Anda sukai, maka Anda menghabiskan sebagian besar hidup Anda melakukan hal-hal yang sama sekali tidak Anda sukai. Jika Anda dapat memperlakukan pekerjaan Anda sebagai pekerjaan yang menyenangkan. Anda akan sangat bahagia.

Saat ini banyak orang yang mencari pekerjaan setiap tahun, bagaimana mereka harus memilih karir mereka? Yasuda Jiasheng, ahli rekrutasi terkenal internasional, memberikan pandangan. "Jika kehidupanmu berakhir dalam setahun, apakah kamu juga ingin memilih perusahaan ini?" Jika hanya ada satu tahun hidup Anda tidak akan memilih, dan jika Anda dapat hidup untuk memilih setelah 60 tahun, maka saya harap Anda akan mempertanyakan pilihan Anda.

Sekarang ini ada kesalahan umum dalam mencari pekerjaan, banyak orang sering mempertimbangkan bukan karir sendiri, tetapi banyak faktor luar lainnya, seperti stabilitas dan kenyamanan, mungkin ini sebabnya banyak orang berusaha untuk masuk ke perusahaan milik negara atau BUMN. Menurut Bossmin, orang seperti ini adalah orang yang kurang percaya diri dan kurang rasa tanggung jawab. Alasan untuk mencari stabilitas adalah bahwa dia takut mengambil resiko. Namun, tidak peduli pekerjaan apa yang anda lakukan, pasti akan ada resiko dan tanggung jawab.

Yasuda Yasuo mengusulkan: "Pekerjaan apa yang harus dipilih, kehidupan apa yang harus dipilih". Oleh karena itu, menetapkan tujuan hidup adalah syarat-syarat untuk memilih pekerjaan. Pertama bertanya pada diri sendiri, jenis kehidupan apa yang ingin kamu jalankan dan bagaimana kamu ingin hidup. Contohnya, Anda adalah orang dengan sangat antusias dan penuh ambisi, senang menerima hal-hal baru yang penuh tantangan, dan Anda memilih untuk bekerja di sebuah institusi umum sebagai perawat. Kemudian pekerjaan sehari-hari Anda menjadi tidak menyenangkan dan Anda berpikir antara idealisme dan kenyataan. Hasilnya Anda hanya dapat menjadi dua jenis tipe pekerja: pertama, Anda berkompromi dengan diri sendiri setelah itu semangat Anda secara perlahan-lahan hilang, ambisi Anda secara perlahan-lahan lemah, dan perlahan-lahan Anda merasa bosan. Kedua, Anda tidak bisa terbiasa dengan kehidupan seperti ini pada akhirnya setelah memikirkan lebih panjang, Anda akhirnya memilih untuk terus berjuang dan memilih kehidupan yang Anda inginkan. Yang penting, apakah Anda dapat beradaptasi dengan masyarakat yang cepat dan kompetitif. Bukan berarti tempat Anda bekerja itu buruk, tapi kuncinya adalah apakah itu cocok untuk Anda dan kehidupan apa yang Anda inginkan. Oleh karena itu, jangan pernah memilih pekerjaan untuk kenyamanan, stabilitas, dan pekerjaan yang baik di mata orang lain. Jika Anda memilih pekerjaan, pertama-tama, Anda harus tertarik oleh pekerjaan itu sendiri, dan  jika Anda mencintai kehidupan, kehidupan yang akan membawakan pekerjaan kepada Anda.

Kedua, memilih pekerjaan tergantung pada nilai tambah yang Anda bawa, bukan hanya gaji. Tentu saja gaji adalah kondisi materi untuk memastikan standar hidup kita, bukan hanya untuk situasi saat ini. Di masa depan apakah gaji yang lebih tinggi membawa kenyamanan? Tentu saja jawabannya adalah tidak, jumlah gaji tinggi relatif terbatas dan tidak dapat memberikan kenyamanan untuk kehidupan masa depan Anda. Oleh karena itu, bukan uang yang dapat menjamin standar hidup Anda di masa depan. Untuk mendapatkan kenyamanan nyata kita tidak harus bergantung pada uang, tetapi kita harus meningkatan kapasitas dan kualitas. Jika kemampuan diperbaiki dan ingin meninggalkan jabatan dan perusahaan. Anda dengan mudah  menemukan pekerjaan baru dan lingkungan baru. Contohnya, ada pekerja dengan gaji bulanan 5000 yuan dan pekerja dengan gaji bulanan 8000 yuan. Pada pandangan pertama, banyak orang tidak ragu-ragu untuk memilih yang terakhir. Tapi jika pekerja dengan gaji bulanan 5000 yuan memiliki nilai tambahan yang lebih tinggi dan dapat meningkatkan kemampuan mereka, maka nilai dari dua pekerjaan ini telah berubah 180 derajat. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan ruang tumbuh yang dapat membawa Anda untuk meningkatkan kemampuan, yaitu, "nilai nyata".

Ketiga, Anda harus membuat pilihan yang baik "dengan siapa Anda melakukannya". Orang-orang akan berhati-hati dalam memilih pasangan pernikahan, tetapi mereka tidak pernah memperhatikan untuk memilih pasangan kerja. Faktanya, memilih rekan kerja sangat penting tapi hubungan dengan rekan kerja tidak pernah berlangsung lama seperti pernikahan. Anda membutuhkan rekan kerja yang mau berkerjasama untuk waktu yang lama. Jika Anda menemukan orang yang berpikir sama, mungkin sulit baginya untuk pergi jauh. Bekerja dengan orang-orang dengan pemikiran sama membuat Anda lebih mudah untuk mencapai pemahaman dan konsensus serta akan membuat pekerjaan lebih menyenangkan dan tidak terjadi kesalahpahaman dalam berkomunikasi. Dengan cara ini, efisiensi dan kualitas pekerjaan akan sangat baik. Jika kamu menemukan rekan-rekan yang memiliki pemikiran dan pemahaman yang sama, meskipun situasi dan kondisi berubah, orang-orang yang bekerja sama dengan Anda tidak akan mudah untuk berubah.

Tiga poin di atas bukan hanya prinsip yang harus diikuti oleh para pencari kerja ketika memilih pekerjaan, tetapi juga masalah ini harus diperhatikan oleh perusahaan ketika merekrut. Pertama-tama, apakah kepribadian pencari kerja cocok untuk lingkungan dan keadaan kerja yang diberikan oleh perusahaan. Kedua, untuk menarik bakat, kita seharusnya tidak hanya kompetitif dalam gaji, tetapi juga memperhatikan untuk mengembangkan nilai tambahan posisi dan mendirikan saluran promosi yang lancar. Akhirnya, perusahaan harus mencari karyawan yang memiliki nilai yang sama dengan mereka sendiri, yaitu karyawan yang sesuai dengan budaya perusahaan. Saya berharap tiga poin ini dapat menjadi prinsip panduan untuk kedua orang yang mencari pekerjaan dan perusahaan.

Logo CariBoss CariBoss

CariBoss merupakan aplikasi job finder dengan sistem inovative pertama di Indonesia. Aplikasi ini mempermudah pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan dengan fitur chat dengan bossnya.

CariBoss dapat menghubungkan pencari kerja dengan recruiter secara langsung hanya dengan melalui aplikasi. Cari Kerja? Cari Bossnya Aja!.

Alamat Kantor: CoHive 101 Unit 5-D, Jl. Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Jakarta 12950, ID
Nomor Telpon: (+62) 812-2899-9664