Dipublikasikan Pada 22 November 2021

Hindari Kesalahan Pada Saat Interview

Untuk para jobseekers harus lebih memperhatikan lagi saat melamar pekerjaan, proses seleksi wawancara biasanya menjadi hal penting yang kerap menakutkan bagi sebagian orang. Bukan karena pertanyaannya yang terlalu rumit untuk dijawab, namun biasanya sesi wawancara menjadi tampak menegangkan karena ketidakmampuan mengendalikan rasa grogi sehingga muncul beberapa kesalahan.

Ada beberapa kesalahan yang dapat menyingkirkan atau membuat para rekruter berpikir dua kali untuk memilih atau menerima SobatCari. Namun sayangnya, ketika rasa grogi itu muncul, bahkan secara tidak sadar, kesalahan demi kesalahan dapat timbul begitu saja. 

Untuk menghindari hal tersebut, berikut beberapa kesalahan yang sering terjadi saat wawancara kerja yang harus dihindari.

1. First Impression 

Sebaiknya hindari memilih baju yang terlalu ketat atau terbuka, warna yang terlalu mencolok, rambut yang tidak rapi, hingga aksesoris yang berlebihan.

2. Terlalu Fokus Pada Diri Sendiri 

Berusahalah untuk menjelaskan bagaimana kamu bisa berkontribusi tidak hanya pada dirimu sendiri tetapi juga pada perusahaan.

3. Terlalu Banyak Menjelaskan atau Kurang Menjelaskan 

Fokus pada apa yang ditanyakan dan komunikasikan jawaban dengan efektif. Perhatikan alur penjelasan sehingga bisa runtut dan mudah dipahami

4. Kurang Persiapan 

Tidak riset perusahaan, tidak riset posisi yang dilamar, akhirnya tidak bisa menjawab pertanyaan dengan lancar. Jangan lupa untuk selalu riset, riset, dan riset.

5. Tidak Bertanya 

Sama Sekali Bertanyalah sesuatu yang relevan saat diberi kesempatan. Jangan sampai rekruter berpikir bahwa kamu sebenarnya tidak benar-benar tertarik dengan pekerjaan ini.

6. Tidak Follow up atau Terlalu Agresif 

Follow up rekruter mungkin akan melihat antusias yang lebih jika kamu coba follow up hasil interview, tetapi jika kamu terlalu agresif dan tak kenal waktu juga pasti akan mengganggu.

 

Itulah kesalahan-kesalahan umum yang sering kali terjadi saat proses wawancara. Meskipun secara kemampuan mumpuni, namun jika saat wawancara kurang memuaskan bisa jadi para rekruter akan berpikir dua kali untuk meloloskan SobatCari. Jadi persiapkan diri SobatCarisebaik mungkin, lakukan latihan menjawab agar tidak kaku saat sesi wawancara berlangsung.

 

Logo CariBoss

CariBoss merupakan aplikasi job finder dengan sistem inovative pertama di Indonesia. Aplikasi ini mempermudah pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan dengan fitur chat dengan bossnya.

CariBoss dapat menghubungkan pencari kerja dengan recruiter secara langsung hanya dengan melalui aplikasi. Cari Kerja? Cari Bossnya Aja!.