Dipublikasikan Pada 23 November 2021

Do(s) and Don't(s) Saat Melamar Kerja

Saat melamar pekerjaan, ada beberapa hal yang perlu SobatCari lakukan dan ada juga hal yang harus SobatCari hindari! 

Kira-kira apa saja ya Do(s) and Don't(s) saat melamar kerja?

1. Do your company research

Kunjungi website perusahaan untuk mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan mereka dan pahami juga job requirements serta job desc-nya.

2. Don't use the same cover letter and resume

Sesuaikan cover letter dan resume kamu dengan posisi yang dilamar. Masukkan kata kunci dari deskripsi pekerjaan sehingga dapat berpotensi lolos dalam Applicant Tracking System (ATS).

3. Highlight your relevant experience

Pastikan bahwa kamu fokus terhadap isi dari konten dalam resume yang dibuat dengan pengalaman kerja yang relevan untuk posisi yang akan kamu lamar.

4. Don't make spelling mistakes

Jangan membuat kesalahan ejaan dalam kalimat yang kamu tulis karena kesalahan semacam itu dapat menyiratkan bahwa kamu ceroboh, tidak teliti, dan tidak memiliki pemahaman bahasa yang baik.

5. Add your Profile

Kamu dapat memasukkan pencapaian-pencapaianmu di profil LinkedIn selama bekerja ataupun selama organisasi yang pernah kamu ikuti dan juga keterampilanmu.

6. Don't forget to follow up

Jangan berasumsi bahwa resume kamu akan berada di urutan teratas dari daftar yang ada pada rekruter. Tindak lanjuti/follow up jika kamu tidak mendengar kabar dari mereka dalam seminggu atau lebih.

 

Itulah do’s and don’ts saat wawancara kerja berlangsung, SobatCari. Niatkan dalam hati kalau kamu bisa melalukannya yah. Kenapa? Karena saat ini sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Banyak yang melamar pekerjaan tapi tidak dipanggil oleh tim HRD untuk wawancara. Efek dari pandemi ini juga banyak yang kena PHK.

Jadi, kalau kamu melakukan tips di atas, semoga kamu bisa diterima kerja dan mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan ya.

Selamat berjuang, SobatCari!

 

 

Sumber: MyEduSolveIndonesia

Logo CariBoss

CariBoss merupakan aplikasi job finder dengan sistem inovative pertama di Indonesia. Aplikasi ini mempermudah pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan dengan fitur chat dengan bossnya.

CariBoss dapat menghubungkan pencari kerja dengan recruiter secara langsung hanya dengan melalui aplikasi. Cari Kerja? Cari Bossnya Aja!.