Dipublikasikan Pada 11 Januari 2022

Cara Cerdas Menghadapi Bullying di Kantor

Bullying atau perundungan bisa terjadi kapapun dan dengan siapapun. Bullying tidak hanya terjadi pada masa sekolah. Di kantor pun bisa terjadi. Tetapi bullying di kantor lebih susah dikenali, mungkin anda juga termasuk korban dari bullying terselubung tanpa disadari. Menurut The Workplace Institute, bullying adalah perilaku yang menganggu bahkan menyakiti kesehatan yang dilakukan secara terus-menerus dalam bentuk kekerasan. Kekerasan tersebut bisa dalam berbagai macam bentuk. Baik itu verbal (kata-kata), perilaku yang menyudutkan, mempermalukan, mengintimdasi, hingga menyabotase suatu pekerjaan. 

Banyak yang beranggapan bahwa bullying hanya terjadi terhadap atasan dengan karyawannya. ya memang seorang atasan punya kesempatan lebih besar untuk melakukan bullying. Tapi tidak semua atasan membully karyawannya begitu pun sebaliknya, bisa juga seorang atasan membully karyawannya karena Persaingan atau lingkungan kerja yang tidak sehat. Dampak dari bullying yang di alami seseorang berbeda-beda ada yang stress, kehilangan motivasi kerja, kerjaan jadi terbengkalai dan masih banyak lagi. Perusahaan pun akan mendapatkan dampak buruk dari bullying juga di antaranya, karyawan yang mendapatkan bullying akan stress dan sering absen yang menyebabkan kinerja perusahaan menjadi terhambat. 

Jika anda merasa sudah terkena bullying lakukan hal-hal ini :

1.Bicarakan Secara Baik-Baik

jika anda bermasalah dengan satu orang, mengobrolah secara pribadai dengan dia. Katakan dengan baik dan sopan kalau anda tidak suka dengan sikap dia.

2. Jangan Salahkan Diri Sendiri

Jangan menyalahkan diri sendiri atau bertanggung jawab atas sesuatu yang bukan kesalahnmu. Ingtlah bullying terjadi karena pilihan yang dibuat oleh pembully. Itu salah mereka bukan salah anda.

3.Kumpulkan Bukti

Sebelum memberi tahu orang lain bahwa anda terkenal bullying, kumpulkan bukti terlebih dahulu supaya anda tidak di anggap mengada-ngada.

4.Bicaralah dengan orang lain

Setelah mengumpulkan bukti baru anda bicarakan dengan atasan atau hrd. Meminta bantuan dan solusi supaya pembullyan yang terjadi terhadap anda segera berhenti

5.Mencari Pekerjaan Baru

Mungkin cara terakhir ini bisa dilakukan jika atasan dan hrd tidak membantu dan tidak mencari kan solusi terhadap kasus bullying terhadap anda. Resign dan carilah pekerjaan baru.

 

Nah itu cara-cara menghadapi bullying dikantor. Lingkungan kantor yang tidak nyaman dapat menghambat semangat dalam mengembangkan karier di masa depan. Ingat ya sobat cari bullying itu adalah sikap yang sangat tidak terpuji.

 

Logo CariBoss CariBoss

CariBoss merupakan aplikasi job finder dengan sistem inovative pertama di Indonesia. Aplikasi ini mempermudah pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan dengan fitur chat dengan bossnya.

CariBoss dapat menghubungkan pencari kerja dengan recruiter secara langsung hanya dengan melalui aplikasi. Cari Kerja? Cari Bossnya Aja!.