Dipublikasikan Pada 11 Maret 2022

Budaya Kerja di Berbagai Negara

Setelah dewasa anda pasti diwajibkan untuk bekerja. Setiap pekerjaan pasti memiliki bebannya masing-masing. Dan sudah pasti setiap budaya di perusahaan berbeda-beda dari masuk jam kerja, pulang jam kerja, waktu istirahat dan lain-lain. Budaya kerja yang positif pasti akan bermanfaat bagi setiap anggota di tempat kerja tersebut. Beda negara beda pula budaya kerjanya, nah bosmin sudah merangkum 5 budaya kerja diberbagai negara. Kira-kira sama tidak ya dengan budaya kerja di Indonesia? Dari pada penasaran, yuk kita lihat aja :

1. Amerika Serikat

Para pekerja di Amerika selau bekerja dengan menekankan pada kreativitas. Banyak perusahaan yang memprioritaskan sisi imajinatif dan rasa ingin tahu  sehingga mereka menciptakan ruang kerja yang unik. Tujuannya adalah untuk menciptakan suasana bekerja yang nyaman untuk membantu para pekerjanya memiliki ide-ide yang lebih kreatif. Dan pekerja di amerika sangat menghormati weekend. Jarang pekerja di amerika mau menerima lembur kerja walaupun diberikan upah lembur oleh perusaahaanya, mereka lebih mementingkan waktu dengan keluarga dan teman-temanya dari pada harus bekerja di hari weekend.

2. Spanyol

Biasanya di Indonesia kita memiliki waktu kerja 8 jam perhari, dengan waktu istriahat 1 jam. Berbeda dengan Indonesia, spanyol memiliki waktu kerja 10 jam perhari, eitts tapi jangan salah loh 10 jam perhari itu sudah termasuk waktu istirahat 4 jam yaitu dari  pukul 14.00 hingga pukul 16.00 di antara waktu istrahat para pekerja tidak akan menerima meeting atau telepon dari klient manapun mereka juga tidak akan membahas masalah pekerjaan selama jam istirahat. 

3. Jerman

Para pekerja di jerman sangat displin jika sudah waktunya bekerja mereka akan fokus dan tidak melakukan hal yang tidak penting seperti membuka media sosial atau bermain game handphone sangat dilarang di lingkungan kerja di jerman supaya  pekerjaannya  dapat  selesai  tepat waktu atau lebih awal.  Oleh karena itu tidak ada yang namanya lembur atau membawa pekerjaan ke rumah di Jerman. Menelepon kolega untuk urusan pekerjaan pada akhir pekan juga dipandang  tidak sopan. Dan aturan jam kerja di jerman tidak terlalu ketat, pekerja yang telah menyelesaikan semua tugasnya dapat pulang lebih awal dan itu hal yang sudah biasa  untuk orang Jerman.

4. Denmark

Menurut hasil survei dan analisa OECD, Denmark menjadi negara yang paling bahagia di dunia berkat tingginya tingkat pekerjaan (73%) dan rendahnya rata-rata pegawai yang bekerja over time (1,92%). Rata-rata jam kerja orang Denmark itu 37 jam perminggu. Di Denmark, lembur tidak dianggap sebagai suatu hal yang membanggakan, bahkan  hal ini justru membuktikan bahwa seorang pekerja tidak bisa mengatur waktu bekerjanya. para pekerja di Denmark punya jatah cuti liburan berbayar sebanyak minimal lima minggu per tahun, cuti melahirkan yang bisa diperpanjang, jadwal-jadwal fleksibel dengan pilihan bekerja dari rumah, serta insentif untuk perawatan anak. Secara umum, warga Denmark hanya menghabiskan kurang dari sepertiga waktu mereka untuk bekerja.

5. Korea Selatan

Bagi anda  yang gemar kpop atau kdrama harus tahu nih budaya  kerja di korea selatan,  para pekerja di korea selatan mempunyai kultur yang sangat cepat dalam bekerja oleh karena itu mereka terbiasa bekerja dengan cepat dan sudah tahu pekerjaan apa yang harus diselesaikan. Dan di korea jika anda mempunyai beberapa keahlian atau multitasking anda pasti lebih di sukai. Hal ini cukup berbeda dengan budaya kerja orang Eropa yang beberapa pekerjaan dikerjakan oleh spesialis supaya lebih profesional. Tidak jarang jika job description pada sebuah pekerjaan bisa menjadi lebih banyak dan beberapa tuntutan pekerjaan lainnya. Namun karena menejemen mereka yang baik, mereka tetap bisa menyelesaikannya tepat waktu dan belajar menyelesaikannya dengan baik.

Nah itu ada 5 budaya kerja di berbagai negara, kira-kira menurut sobatcari enakan budaya kerja di 5 negara tersebut apa budaya kerja di indonesia ya? hmmm kalau menurut bosmin sih setiap negara mempunyai plus minusnya termasuk indonesia.

 

Logo CariBoss CariBoss

CariBoss merupakan aplikasi job finder dengan sistem inovative pertama di Indonesia. Aplikasi ini mempermudah pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan dengan fitur chat dengan bossnya.

CariBoss dapat menghubungkan pencari kerja dengan recruiter secara langsung hanya dengan melalui aplikasi. Cari Kerja? Cari Bossnya Aja!.