Dipublikasikan Pada 21 Juni 2022

5 Cara Menghadapi Konsumen yang Menyebalkan

Konsumen atau pelanggan memang berbeda beda, ada konsumen yang baik dan tidak aneh-aneh. Tetapi tentu saja ada konsumen yang rewel dan menyebalkan yang akan membuat anda kesulitan dalam menanganinya dan bingung harus bertindak seperti apa. Namun anda harus tetap melayani dengan sopan dan ramah. Karena jika kita melayani dengan ramah dan memberikan solusi dengan baik, sudah di pastikan konsumen akan kembali lagi untuk berbisnis dengan perusahaan. 

Maka dari itu anda harus mengetahui cara menghadapi konsumen yang menyebalkan :

1. Harus Meminta Maaf Terlebih Dahulu

Setelah konsumen menjelaskan permasalahannya, anda harus meminta maaf terlebih dahulu sebelum memberikan solusinya walapun anda tidak merasa membuat kesalahan. Tindakan ini bisa membuat mereka merasa lebih tenang. Setelah meminta maaf barulah anda memberikan solusi atas kendala yang dihadapi oleh konsumen

2. Menempatkan diri Sebagai Pendegar

Pada dasarnya konsumen yang rewel hanya ingin kekecewaan dan pendapatnya di dengar oleh anda. Maka dari itu dengarkanlah atau simak omongan konsumen anda dengan baik. Jangan sampai anda hilang fokus sehingga tidak mendapatkan poin-poin utama dari keluhan konsumen. 

3. Jangan Meninggikan Suaramu

Biasanya konsumen yang marah dan rewel akan meninggikan suaranya karena emosi, tetapi anda harus tetap menjaga suara anda tetap normal kalau bisa mungkin lebih lembut. Usahkan tetap tenang dan jangan emosi juga. Ketenangan bisa menjaga situasi tetap terkendali dan berbicara lembut adalah strategi menghilangkan percakapan yang menegangkan.

4. Bertindak secara cepat

Setelah konsumen memberitahukan masalahnya, cepatlah menanggapinya dengan solusi yang benar. Menyelesaikan masalah konsumen sesegera mungkin bisa mencegah masalah semakin rumit. 

5. Memberikan Kompensasi Sederhana

Setelah memberikan solusi, cobalah memberikan kompensasi sederhana seperti potongan harga, produk gratis dan penawaran menarik lainnya. Dengan demikian pelanggan yang rewel akan merasa dihargai. Kekecawaan pada bisnis anda akan berkurang karena anda berniat baik untuk menyenangkan konsumen  tersebut. 

 

Nah itu adalah 5 cara menghadapi konsumen yang rewel dan menyabalkan. Intinya ketika konsumen itu emosi kita harus sabar dan tenang jangan terikut emosi juga. Dan berilah solusi yang tepat atas masalah yang di hadapi oleh konsumen tersebut

Logo CariBoss CariBoss

CariBoss merupakan aplikasi job finder dengan sistem inovative pertama di Indonesia. Aplikasi ini mempermudah pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan dengan fitur chat dengan bossnya.

CariBoss dapat menghubungkan pencari kerja dengan recruiter secara langsung hanya dengan melalui aplikasi. Cari Kerja? Cari Bossnya Aja!.