Dipublikasikan Pada 01 Maret 2021

4 Tips Membuat CV Lebih Menarik

Kamu saat ini sedang mencari kerja?  menarik. Salah satu hal penting yang harus dipersiapkan adalah curriculum vitae yang menarik dan berkualitas tentunya.

Dari CV inilah pihak perekrut kerja bisa menilai apakah kamu layak dan masuk kriteria dan kualifikasi dari perusahaan tersebut.

Jika cv yang menarik tentu akan menjadi nilai plus untuk memikat para perekrut dari perusahaan yang dilamar.

Melalui Cv ini gambaran profil dan garis besar kehidupan kamu akan tercermin secara singkat termasuk riwayat pendidikan dan pengalaman bekerja yang menjadi bahan referensi pihak perusahaan saat mewawancarai kamu.

1. Lakukan Job Search

Sebelum membuat Curriculum Vitae tentu amu akan melakukan job search untuk menggali informasi detail tentang perusahaan dan jenis pekerjaan yang akan anda lamar.

Penting diingat bahwa setiap pekerjaan adalah yang sesuai dengan latar belakang dan minat kamu. Lalu catat semua syarat - syarat yang diperlukan demi memenuhi kriteria kualifikasi dari perusahaan yang akan kamu lamar. Diantaranya keterampilan atau keahlian, usia dan pengalaman kerja juga menjadi bahan pertimbangan perusahaan.

Tidak lupa juga untuk mencari tahu tentang visi dan misi dan nilai – nilai serta etos kerja dari perusahaan tersebut. Dengan adanya job search kamu bisa menentukan dan mencari perusahaan mana yang akan kamu pilih.

2. Pahami isi CV secara umum

Dalam membuat CV buatlah secara berurut supaya tidak membingungkan pembaca Cv. Secara umum, konten yang ada dalam sebuah CV antara lain :

- Identitas diri

- Pendidikan

- Personalitas

- Keterampilan

- Pengalaman kerja

- Informasi lain tentang diri kamu

3. Tambahkan soft skill

Kamu punya keahlian khusus? Nah ini bisa jadi nilai plus untuk kamu cantumkan dalam CV. Adapun beberapa contoh soft skill, seperti kemampuan negosiasi, komunikatif, berpikir kritis, kepemimpinan (leadership), teamwork dll.

4. Analisis CV kamu

Untuk menganalisis CV Anda agar lebih objektif dalam penilaiannya Anda harus mengesampingkan diri Anda dan benar-benar memerankan diri sebagai bagian HRD yang sedang melakukan rekrutmen terhadap pelamar.

Anda juga dapat meminta bantuan teman atau sahabat anda untuk menilai CV yang sudah Anda buat, tidak lupa juga buat perbandingan penilaian antara penilaian yang telah Anda buat dan penilaian yang teman Anda buat.

Langkah di atas sebetulnya masih dalam langkah awal dalam proses lamaran Anda. Hal ini dikarenakan Anda harus menempuh proses dan prosedur perekrutan kerja selanjutnya yang diatur oleh perusahaan yang bersangkutan.

Awali langkah tersebut dengan membuat curriculum vitae yang menarik perhatian dari pihak HRD.

Logo CariBoss CariBoss

CariBoss merupakan aplikasi job finder dengan sistem inovative pertama di Indonesia. Aplikasi ini mempermudah pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan dengan fitur chat dengan bossnya.

CariBoss dapat menghubungkan pencari kerja dengan recruiter secara langsung hanya dengan melalui aplikasi. Cari Kerja? Cari Bossnya Aja!.